Minggu, 19 Juli 2009

Tugas Perbedaan bitmap and vector

Bitmap adalah representasi dari citra grafis yang terdiri dari susunan titik yang tersimpan di memori komputer. Dikembangkan oleh Microsoft dan nilai setiap titik diawali oleh satu bit data untuk gambar hitam putih, atau lebih bagi gambar berwarna.

Dua jenis grafis (gambar) komputer yang paling populer adalah vector dan bitmap. grafis vector dibuat dari garis-garis dan kurva, keduanya dihasilkan dari desckripsi matematis yang menentukan posisi, panjang, dan arah di mana garis digambarkan. BItmap, dikenal juga dengan istilah gambar raster, adalah susunan kotak yang sangat kecil yang disebut piksel; setiap piksel dipetakan kepada sebuah lokasi dalam sebuah gambar dan setiap piksel memiliki nilai-nilai warna yang dipresentasikan secara numerik.

Gambar-gambar berformat vector ideal untuk logo dan ilustrasi karena memiliki resolusi yang bebas dan dapat diskala ke dalam ukuran berapapun, dapat dicetak dan ditampilkan dalam resolusi berapapun tanpa kehilangan detail setiap bagian dan tidak kehilangan kualitasnya. Dengan kata lain, anda dapat membuat gambar garis yang sangat tegas, jelas dan tajam dengan menggunaksan format vector.

Bitmap sesuai untuk dunia fotografi dan lukisan digital karena bitmap menghasilkan gradasi warna dengan sangat baik. Format Bitmap memiliki resolusi yang tidak bebas/ terbatas, bitmap merepresentasi pixel dalam jumlah yang terbatas. Gambar berformat bitmap hanya tampil sempurna dalam ukuran aktualnya saja, ketika diskala, gambar bitmap akan terlihat kasar bergerigi dan kehilangan kualitas, pun ketika terdisplay di monitor, diprint dalam resolusi yang lebih tinggi melebihi resolusi aslinya.

Dengan CorelDRAW anda dapat Membuat gambar berformat vector. Anda pun dapat meng-import bitmap seperti file-file JPEG, TIFF dengan CorelDRAW dan mengintegrasikan file-file tersebut dalam gambar anda.

vector & bitmap in masbadar.wordpress.com

gambar ilustrasi di atas; gbr atas format vector, bwh format bitmap, perhatikan bedanya dalam lingkaran perbesaran.



Perbedaan Gambar Bitmap dengan Vektor

Gambar Bitmap

Gambar bitmap atau yang sering juga disebut raster adalah gambar yang terdiri dari sekumpulan titik-titik (pixel) yang berdiri sendiri dan mempunyai warna sendiri pula yang membentuk sebuah gambar.

Gambar bitmap sangat bergantung pada resolusi. Jika gambar diperbesar maka gambar akan tampak kurang halus sehingga mengurangi detailnya. Selain itu gambar bitmap akan mempunyai ukuran file yang lebih besar. Semakin besar resolusi gambar akan semakin besar pula ukuran filenya.

bitmap1.jpg bitmap2.jpg

Gambar dengan tampilan 100% Gambar dengan tampilan 500%

Contohnya adalah pada gambar di atas. Gambar kiri merupakan gambar yang asli dengan tampilan 100% sedangkan gambar yang kanan adalah gambar yang sudah diperbesar. Gambar yang kanan kelihatan kurang halus (kotak-kotak) setelah diperbesar 500%.Contoh software yang berbasis bitmap adalah Adobe Photoshop, Paint, CorelPhotoPaint, dan lain-lain.

Gambar Vektor

Gambar vektor adalah gambar yang dibuat dari unsur garis dan kurva yang disebut vektor. Kumpulan dari beberapa garis dan kurva ini akan membentuk suatu obyek atau gambar.

Gambar vektor tidak tergantung pada resolusi. Kita dapat memperbesar atau memperkecil ukuran gambar tanpa kehilangan detail gambarnya. Disamping itu gambar vektor akan mempunyai ukuran file yang lebih kecil dan dapat diperbesar atau diperkecil bentuknya tanpa merubah ukuran filenya.

vektor01.jpg vektor02.jpg

Gambar dengan tampilan 100% Gambar dengan tampilan 500%

Contohnya adalah pada gambar di atas. Gambar yang kiri merupakan gambar yang asli sedangkan gambar yang kanan adalah gambar yang sudah diperbesar. Gambar yang kanan masih kelihatan halus walaupun sudah diperbesar 500%. Software yang digunakan untuk membuat gambar vektor antara lain CorelDRAW, Macromedia Freehand, Adobe Illustrator, dan lain-lain

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar